Posted by : base rey Sabtu, 15 Maret 2014


saya baru saja menemukan artikel ini di blog sebelah ,, karena artikel ini menarik menurut gua jadi gua ijin copy aja,, heheh .. kalau mau langsung ke bloggernya nih alamatnya http://sixdeadstrings.blogspot.com/2011/12/shredder.html
Sebelumnya, mari kita basa-basi dulu dengan mengetahui arti kata shredder di dunia per-genjrengan dunia (baca: dunia gitar).

Setelah saya nyari-nyari info tentang shredder (yang akhirnya ga ketemu), dan tanya-tanya sama rekan-rekan saya sesama gitaris, saya mendapat banyak kesimpulan tentang pengertian shredder.

1. Shredder dapat dikatakan sebagai gaya permainan (style) pada seorang gitaris. Di sini mungkin maksudnya adalah gaya bermain gitar dengan mengandalkan speed yang tinggi.

2. Shredder juga dianggap sebagai teknik gitar oleh beberapa orang. Mungkin juga yang dimaksudkan adalah teknik bermain speed di atas rata-rata (menggunakan beberapa lick/skill dalam tempo waktu yang cepat).

3. Shredder juga bisa diistilahkan sebagai julukan seorang gitaris yang mampu bermain gitar dengan melakukan teknik-teknik dengan speed yang tinggi.

Intinya, shredder sangat erat kaitannya dengan bermain gitar dalam speed yang tinggi.

Yngwie J Malmsteen, gitaris asal Swedia yang khas dengan permainan sweep arpeggio nya disebut-sebut sebagai bapak shredder dunia, dan dianggap pelopor shredder.
Banyak juga gitaris yang menjadi shredder seperti Yngwie. Sebut saja Michael Angelo Batio yang terkenal dengan double neck tappingnya, Eddie Van Hallen, Paul Gilbert dengan permainan bor listriknya, dan masih banyak lagi.

Oke, sekarang kita masuk ke topik utama kita.
Bagaimana cara menjadi seorang shredder?

Kalo kita liat dari beberapa pengertian di atas, pasti intinya adalah "seorang gitaris yang ingin menjadi shredder harus memiliki speed tinggi".
Ya, memang itu syarat utamanya.
Tapi bagi kalian yang belum memiliki speed tinggi, kalian masih bisa meningkatkan speed kalian kalo mau berusaha keras.

Berikut cara menjadi seorang shredder versi saya :

1. Jangan bosan fingeringIni hal yang paling dasar. Fingering bukan cuma untuk melemaskan jari-jari aja. Fingering juga berfungsi melatih akurasi penempatan jari di not yang tepat. Percuma kalian punya speed tinggi kalo menempatkan jari di not yang kurang tepat. Nada yang dihasilkan pasti bakalan fals.
Berdasarkan beberapa sumber & pendapat guru-guru saya selama saya di dunia per-genjrengan, para gitaris dunia (ga cuma yang shredder aja) memiliki porsi fingering kira-kira 6-8 jam per hari (nah lho, 2 jam aja sepet).

Tapi kalo kalian ga punya cukup waktu, kalian bisa melakukan fingering selama 2-3 jam per hari secara rutin.
Dan satu lagi, JANGAN PERNAH BOSAN FINGERING. Sebab, rata-rata gitaris yang mengalami kesulitan dalam mengulik atau memainkan suatu teknik tertentu memiliki masalah yang sama : males fingering.

2.  Meningkatkan speed jariSpeed jari kalian lambat? Jangan khawatir, asal ada kemauan pasti ada jalan. Mulailah menggunakan teknologi.
Ini yang biasa saya lakukan untuk meningkatkan speed saya.
Kalian tau program Fruity Loops Studio? Kalo gatau cari di google aja pasti ada. Biasanya saya membuat drum sound berupa control double pedal di tempo tertentu untuk fingering menggunakan program itu.

Setelah saya menguasai tempo pada kecepatan tertentu, saya naikkan lagi kecepatannya.
Contoh : saya mulai membuat drum sound pada kecepatan 100 BPM (Beat per Minute), setelah saya menguasai speed di beat itu, saya naikkan jadi 120 atau 130 BPM dan begitu seterusnya.

Ketika kalian sudah benar-benar tidak bisa mengikuti beat tertentu, di situlah batas kalian.

3. Kuasai banyak teknikMneguasai banyak teknik tentu bagus bagi banyak musisi. Nah, kalian juga bisa mempelajari banyak teknik dalam gitar.
Lagi, gunakan teknologi. Kalian bisa melihat banyak gitar lesson dari gitaris-gitaris terkenal di dunia untuk mencuri ilmu mereka.
Search aja guitar lesson dari gitaris-gitaris dunia di YouTube, pelajari, dan praktekkan langsung.
Atau kalian juga bisa belajar dari orang-orang di sekitar kalian yang menguasai banyak teknik gitar.

4. Ciptakan karakteristik yang khas kalian sendiri
Beberapa shredder memiliki teknik yang khas. Seperti yang tadi saya sebutkan, Yngwie sangat khas dengan sweep arpeggio nya, sedangkan Michael Angelo Batio sangat khas dengan two-handed double-neck tapping (ga efektif ya kalimat saya?).

Kalian juga bisa mencoba menggunakan teknik-teknik itu. Ini memang tidak wajib, tapi memiliki karakter itu wajib bagi siapapun.
Kalo kalian mengalami kesulitan dalam menciptakan karakter kalian dengan menggunakan skill tertentu, kalian bisa menciptakan karakter kalian dengan membuat sound yang khas dengan kalian.
Kalo kalian perhatikan suara gitar Yngwie, rata-rata efek yang dipakainya tidak jauh berbeda.
Yngwie memiliki karakter baik di efek gitarnya maupun di tekniknya.

Sekian postingan kali ini, selamat menggenjreng bergenjreng ria.
:D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Protozoa Corporation - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -